Friday 19 October 2012

Perampingan SOPD Sangat Logis

Posted on 11:17 by Mordiadi

SINGKAWANG. Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kota Singkawang dinilai terlalu gemuk. Perampingannya sangat logis, baik dilihat dari kemampuan keuangan daerah maupun beban kerja.

"Bayangkan saja, dengan SOPD yang sekarang ini, alokasi anggaran untuknya mencapai sekitar 70 persen. Sehingga belanja publik hanya 30 persen," kata Zainal Abidin HZ, Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Singkawang kepada wartawan, kemarin (16/10).

Alokasi anggaran yang terlalu besar untuk gaji pegawai, tunjangan dan kebutuhannya ini tentunya sangat tidak sesuai dengan harapan masyarakat Kota Singkawang yang mengharapkan agar pemerintah mengedepan pembangunan daerah.

Selain ditinjau dari beban anggaran itu, kata Zainal, dari beban kerja nampak sekali jumlah SOPD saat ini terlalu besar. "Sehingga tidak mengherankan banyak yang tidak efektif, misalnya kerja kecamatan itu apa. Kecamatan jadi kurang kerja," katanya.

Bandingkan antara SOPD Kota Singkawang dengan Kabupaten Pontianak yang wilayah kerjanya lebih luas. "Di Singkawang hanya terdapat lima kecamatan. Tetapi SOPD-nya mencapai 34 unit. Sedangkan di Kabupaten Ptk yang mempunyai belasan kecamatan hanya mempunyai 18 SOPD," ungkap Zainal.

Legislator PPP ini mengharapkan, dengan terpilihnya Awang Ishak-Abdul Mutalib sebagai Walikota dan Wakil Walikota Singkawang terpilih nanti, SOPD ini dapat lebih dirampingkan.

"Apalagi perampingan SOPD itu memang menjadi janji politik Pak Awang ketika kampanye selain mengutamakan penanganan permasalahan air bersih di Kota Singkawang," beber Zainal.

Terhadap perampingan SOPD nantinya, Zainal mengharapkan diramu sedemikian rupa agar lebih efektif dan efisien dalam menjalankan Tugas, Pokok dan Fungsi T(Tupoksi) serta tanggungjawabnnya dalam memberikan kepada masyarakat,

"Misalnya diperhatikan mana saja SOPD atau SKPD yang bisa dilebur agar kinerjanya lebih efektif, tetapi tidak terjadi beban kerja yang memberatkan pegawai," pungkas Zainal. (*)

No Response to "Perampingan SOPD Sangat Logis"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA