Sunday 25 September 2011

Tahun Ini, Singkawang Peroleh Dana PUAP Rp500 Juta

Posted on 02:13 by Mordiadi

SINGKAWANG. Bila pada 2010, Kota Singkawang memperoleh Rp1 miliar dari program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP), tahun ini turun setengahnya, hanya memperoleh Rp500 juta.

"Tahun lalu dari pusat itu untuk sepuluh Gaboktan. Sedangkan 2011 ini untuk lima Gapoktan," kata Winarno, Kepala Kantor Penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kota Singkawang ketika Kursus PUAP se-Kota Singkawang di Gedung PKK Kota Singkawang, Jumat (23/9).

Bila dijumlahkan, petani di Kota Singkawang yang memperoleh dana dari pusat itu baru 15 Gapoktan. Sementara di Kota Amoy ini terdapat 28 Gapoktan yang tersebar di kelurahan-kelurahan. "Mudah-mudahan di 2012, Gapoktan yang belum dapat bisa memperoleh dana PUAP itu," harap Winarno.

Terkait besaran bunga pengembalian dana yang telah digunakan Gapoktan itu, kata Winarno sesuai kesepakatan antara Gapoktan dengan kelompok taninya. "Biasanya berkisar antara 1 sampai 1,5 persen. Asalkan jangan memberatkan petani saja," ingatnya.

Bunga tersebut nantinya digunakan untuk operasional pengurus dan perluasan atau pengembangan anggotanya. "Dengan harapan Gapoktan tersebut bisa menjadi Lembaga Keuangan Mikro," ujar Winarno. (dik)

No Response to "Tahun Ini, Singkawang Peroleh Dana PUAP Rp500 Juta"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA