Friday 9 April 2010

Dewan Curiga dengan Gubernur Kalbar

Posted on 07:38 by Mordiadi


PONTIANAK. Keengganan Gubernur Kalbar, Drs Cornelis MH menyebutkan tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) menimbulkan kecurigaan di kalangan Anggota DPRD Kalbar, bahwa sebenarnya nama-nama tersebut belum diusulkan ke Mendagri.

"Saya curiga jangan-jangan nama-nama itu belum diproses makanya Gubernur tidak mau menyebutkannya," kata Tony Kurniadi ST, Anggota DPRD Kalbar via selular, Kamis (8/4).

Menurut legislator Kalbar daerah pemilihan (dapil) Sambas ini, kalau memang nama-nama calon yang akan menggantikan posisi Syakirman sebagai Sekda Kalbar itu sudah diproses, seyogianya segera diumumkan ke publik. "Kalau perlu diumumkan beserta alasan dipilihnya ketiga nama calon Sekda yang diusulkan ke Mendagri itu," kata Tony.

Dengan diumumkannya nama-nama tersebut, kata Tony, tentunya masyarakat akan mengetahui bagaimana rekam jejak (track record) pejabat yang akan menjadi Sekda Kalbar. "Kita juga menginginkan agar yang menjadi Sekda kelak tidak memiliki track record yang buruk," katanya.

Track record yang buruk dimaksudkan Tony tersebut, misalnya kinerja selama menjalankan tugas tidak baik, pernah tersandung kasus hukum atau manipulasi kenaikan pangkat. "Semua tentu tidak ingin kalau yang menjadi Sekda itu pernah memanipulasi kenaikan pangkat," ujarnya.

Tony juga mengharapkan, dengan hak preogatif Gubernur dalam menentukan Sekda Kalbar, tidak menjadikan Cornelis mengedepankan sukuisme, kedaerahan, kedekatan atau lainnya. Tetapi hendaknya mengedepankan profesionalisme sesuai kompetensi dan kemampuan pejabat yang diusulkan menjadi Sekda.

Dengan sikap Cornelis yang tidak menyebutkan nama-nama calon Sekda yang diusulkannya, tentunya menjadi tanda tanya besar, ada apa di balik semua ini. "Mengapa tidak ada transparansi dalam hal ini, sebenarnya ada apa di balik semua ini," tanya Tony.

Terkait alasan Cornelis enggan menyebutkan nama-nama tersebut karena dikhawatirkan berdampak pada kinerjanya bila tidak terpilih menjadi Sekda kelak, menurut Tony, alasan tersebut hanya kamuflase. "Apakah mungkin pejabat yang diusulkan menjadi calon Sekda itu adalah pejabat yang cengeng, saya kira tidak," seloroh Tony.

Sebelumnya, Cornelis mengungkapkan telah mengusulkan tiga nama calon Sekda Kalbar ke Mendagri. Saat proses di tingkat proses ini, untuk sementara posisi Sekda diisi Pelaksana Tugas (Plt) MH Munsin MH, karena Syakirman pensiun terhitung 1 April lalu. "Posisi Sekda kan tidak boleh kosong makanya kita Plt-kan," katanya.

Terkait nama-nama yang diusulkan tersebut, setelah didesak pun Cornelis enggan menyebutkannya. "Yang jelas tiga nama, begitu saja, nanti kalau sudah dilantik kita beri tahu," ujarnya.

Cornelis tidak mau menyebutkan nama-nama calon Sekda tersebut, karena khawatir mempengaruhi kinerja pejabat yang bersangkutan bila tidak terpilih menjadi Sekda Kalbar. (*)

No Response to "Dewan Curiga dengan Gubernur Kalbar"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA