Thursday 15 April 2010

Program KB di Kalbar akan Direvitalisasi

Posted on 08:38 by Mordiadi

PONTIANAK. Indonesia telah menjadi acuan dunia terkait program Keluarga Berencana (KB) karena keberhasilannya mengurangi jumlah penduduk. Tetapi, perlu direvitalisasi agar tidak jalan di tempat (stagnan).

"Kecenderungan di negara yang program KB-nya sukses selalu stagnan, sehingga diperlukan semacam revitalisasi program," kata Prof Duff Gillespie, Director Project Advance Family Planning, semacam proyek revitalisasi program KB saat jumpa pers di Sari Bento Pontianak, kemarin (8/4).

Dalam jumpa pers tersebut penjelasan Professor Senior Scholar The and Melinda Gates Institute for Population and Reproductive Health itu disampaikan dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar Siti Fathonah.

Gillespie mengatakan, Indonesia pernah memiliki progam KB yang sukses, tetapi perlu ditingkatkan lagi, karena sekarang berada pada kondisi statis.

Keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan program KB memang telah diakui dunia. Sehingga lembaga-lembaga donor bersedia memberikan penghargaannya.

Hingga kini setidaknya telah ribuan pengelola program kependudukan dan KB dari 94 negara yang telah datang ke Indonesia untuk mendapatkan pengalaman mengenai strategi progam KB di Indonesia yang berhasil melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Di Indonesia, rencana revitalisasi program KB itu juga dilaksanakan di Kalbar, karena provinsi dengan 14 kabupaten/kota ini memperoleh pencapaian progam KB tertinggi di Indonesia.

Gillespie menerangkan, kondisi stagnannya program KB di Kalbar karena dihadapkan pada desentralisasi. Di mana beberapa kabupaten/kota begitu konsen terhadap program KB, tetapi beberapa lainnya kurang konsen.

Setelah kunjungannya ke Kalbar khususnya dan Indonesia umumnya, Gillespie menyerahkan rencana revitalisasi program KB tersebut kepada Hari Fitri Putjuk, perwakilannya di Indonesia.

Fitri menjelaskan, saat ini sedang dilakukan pengumpulan data sebelum melaksanakan strategi revitalisasi program KB di Kalbar. "Agar tidak overlap, tidak mulai lagi dari nol," katanya.

Dia menjelaskan, program tersebut rencanakan akan dimulai pada Juni mendatang, setelah seluruh data yang diperlukan terpenuhi. "Kita akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait," ujar Fitri.

Di tempat yang sama, Kepala BKKN Kalbar Siti Fathonah menjelaskan dalam program tersebut semua elemen dijadikan mitra kerja, termasuk dengan media massa untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat. (*)

No Response to "Program KB di Kalbar akan Direvitalisasi"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA