Thursday 14 July 2011

Puasa Sambil Berwisata

Posted on 02:11 by Mordiadi

SINGKAWANG. Sebagai Kota Pariwisata, Kota Singkawang akan mengemas sedemikian rupa pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1432 hijriyah agar memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melaksanakan ibadah puasa sambil berwisata.

"Singkawang ini merupakan tempat kunjungan. Walaupun ini hari besar keagamaan, kita akan mengemasnya menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan nuasa keagamaan," kata Dr Kanjeng Raden Aryo (KRA) Hasan Karman Notohadiningrat, Walikota Singkawang ditemui usai Rapat Koordinasi Menyongsong Ramadhan 1432 hijriyah di Kantor Satpol PP Kota Singkawang, Kamis (14/7).

Salah satu yang dicanangkan Hasan terkait bulan suci umat Islam ini dengan menyebar baliho yang menarik di beberapa sudut Kota Singkawang. "Dipasang dengan foto yang bagus, pesan Ramadhan dan lainnya. Sehingga nuansa keagamaan jelas terlihat, ini tentu malah menarik," katanya.

Selain itu, Pemkot juga akan menata dan menertibkan Pasar Juada, didandani semenarik mungkin, misalnya hiasan lampu-lampu atau apa saja. "Saya sedang memikirkan bagaimana konsepnya nanti, sebenarnya saya lebih suka kalau ada inisiatif dari masyarakat, kita siap memfasilitasinya," ujar Hasan.

Terkait dengan lokasi Pasar Juada ini, Hasan menawarkan beberapa tempat yang sangat strategis, seperti di Rumah Adat Melayu yang belum selesai dibangun, Stadion Kridasana atau di samping Happy Building. "Lapangan-lapangannya cukup bagus, cukup okay, nanti kita sampaikan ke masyarakat kalau mau. Leading sector-nya di Diperindagkop," katanya.

Berbagai ide untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan di Kota Singkawang itu juga disampaikan Hasan dalam Rapat Koordinasi Menyonsong Ramadhan yang dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat, pengusaha hiburan, kepolisian, instansi terkait, Panitia Hari Beras Islam (PHBI), organisasi-organisasi keagamaan dan lainnya.

Rakor yang dilaksanakan Satpol PP Kota Singkawang itu di antaranya membahas jam operasional untuk café, tempat karouke, diskotik, panti pihak, Warnet, Bilyard, sauna, pagelaran hiburan termasuk rumah makan yang dilarang memasang tirai.

Selain mengatur pengeras suara di tempat-tempat hiburan, dalam Rakor tersebut juga membahas mengenai pengaturan waktu penggunaan pengeras suara di samping waktu yang memang sudah biasa.

Dalam Rakor tersebut juga dilakukan penataan dan pembinaan untuk Wanita Tuna Susila (WTS) atau Penjaja Seks Komersil (PSK), muda mudi di fasilitas umum, penginapan/hotel, indekost, café, karouke, diskotik dan lainnya.

Tidak kalah pentingnya juga dibahas antisipasi kebut-kebutan atau balap liar pada waktu sahur, subuh dan sore menjelang puasa, penertiban dan pembatasan penjualan kembang api serta waktu dan tempat menyalakannya.

Kepala Satpol PP Kota Singkawang, Karyadi menyebutkan selama Puasa juga akan dilakukan razia terhadap pencari sumbangan ilegal, gelandangan dan pengermis. "Penertiban akan terus kita lakukan, di fasilitas-fasilitas umum dan lainnya, karena biasanya peminta-minta ini semakin banyak ketika bulan puasa," katanya. (*)

No Response to "Puasa Sambil Berwisata"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA