Thursday 14 July 2011

Siap Ciptakan Masyarakat Sadar Wisata

Posted on 01:37 by Mordiadi

SINGKAWANG. Mengembangkan sektor pariwisata, tentunya tidak terlepas dari kesiapan dan kesadaran masyarakatnya dalam menerima kedatangan para wisatawan, tidak hanya domestik tetapi juga dari mancanegara atau asing.

"Insya Allah masyarakat Singkawang siap, karena kedatangan para wisatawan asing itu untuk meningkatkan devisa," kata Octavia Renanta, Putri Pariwisata Singkawang 2011 ditemui usai Penutupan Festival Singkawang di Mess Daerah Singkawang, Sabtu (2/7) malam.

Setelah terpilih sebagai Putri Pariwisata Singkawang 2011, Octavia siap menjelaskan atau memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai berbagai hal, seperti perilaku para wisatawan asing yang datang ke Kota Singkawang. "Agar para wisatawan asing itu tetap nyaman datang berwisata di Kota Singkawang tanpa harus merasa risih," katanya.

Karena sudah menjadi pengetahuan umum, kalau para wisatawan asing yang datang ke objek-objek wisata, terutama ke pantai, mareka selalu mengenakan busana minim atau juga terkadang tanpa mengenakan busana untuk berjemur. Padahal hal tersebut sangat tabu bagi budaya timur.

"Kita akan menjelaskan kepada masyarakat, bahwa budaya barat memang seperti itu adanya. Kita sebagai tuan rumah, tentunya tetap harus ramah dan menghargai orang yang datang. Hal ini tentunya demi menjunjung tinggi nama baik Kota Singkawang," kata Octavia.

Selain mempersiapkan perilaku masyarakat dalam menerima wisatawan yang mempunyai budaya berbeda dengan budaya timur, Octavia juga akan menyampaikan ide-idenya untuk memajukan pariwisata di Kota Singkawang, bekerjasama dengan instansi-instansi terkait.

Di antaranya, dia akan berupaya mewujudkan objek wisata yang bebas sampah, tanpa tindak kriminal atau berbagai hal yang dapat membuat wisatawan enggan atau jera berkunjung ke Kota Singkawang. "Saya akan berikan ide-ide untuk membangun Pariwisata Kota Singkawang agar lebih maju," kata Octavia.

Siswa kelas III SMA Negeri 1 Kota Singkawang ini berkeyakinan, bila sektor pariwisata telah maju, tentunya akan berdampak signifikan pada upaya pembangunan yang sedang dilakukan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Niscaya masalah pembangunanan saat ini akan dapat segera diatasi," ujar Octavia optimis.

Octavia juga akan menggandeng beberapa pihak terkait untuk dapat melakukan studi banding ke daerah lainya, terutama daerah yang sektor wisatanya lebih maju. "Jika memungkinkan, saya akan ke daerah lainnya untuk melihat perbandingan sektor pariwisatanya dan mengupayakan kerjasama untuk lebih memperbaiki dunia pariwisata di Kota Singkawang," paparnya

Putri dari pasangan suami istri (pasutri) Sarwanta dan Rina TS ini mempunyai pengetahuan yang cukup luas tentang dunia pariwisata. Padahal hal tersebut tidak diperolehnya secara khusus.

"Saya hanya membuka internet tentang wisata dalam negeri, Kota Singkawang dan lainnya untuk mendapatkan pengetahuan tentang pariwisata dan cara-cara memajukannya," aku Octavia.

Selain itu, dia juga mendapatkan materi pembelajaran mengenai berbagai hal tentang apa saja yang mesti dilakukan untuk mengembangkan atau memajukan dunia pariwisata, sebagai salah satu sektor pembangunan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal inilah yang dijadikan modal bagi Octavia untuk memenangkan pemilihan Putri Pariwisata Singkawang 2011, even yang baru kali pertama diikutinya. "Tentunya kita juga menggunakan nalar, apakah jawaban yang kita sampaikan dapat menjawab pertanyaan dari dewan juri," pungkas dara manis ini. (*)

No Response to "Siap Ciptakan Masyarakat Sadar Wisata"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA