Thursday 12 May 2011

Buang Sampah pada Tempat dan Waktunya

Posted on 05:16 by Mordiadi

SINGKAWANG. Untuk menjaga agar Kota Singkawang tetap bersih, masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, pembuangan hendaknya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

"Buanglah sampah di TPS (Tempat Pembuatan Sampah, red) tepat pada waktunya," kata H Rustam Effendi, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT), Dinas Kebersihan Umum (Diskebrum) Kota Singkawang kepada wartawan, Minggu (8/5).

Rustam menjelaskan, di beberapa sudut Kota Singkawang telah disediakan TPS agar masyarakat tidak membuat sampah sembarangan. Selain itu juga telah ditentukan waktu pembuangan sampah, yakni sejak 05.00 hingga 17.00.

Membuang sampah tepat pada waktunya, jelas Rustam, sangat penting dilakukan, agar para Petugas Kebersihan dapat mengambilnya untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pasukan Kuning ini mengambil sampah di TPS-TPS sejak pukul 05.30.

Untuk mengatasi masalah sampah tersebut, setiap pukul 05.30 WIB Pasukan Kuning setiap hari sudah turun kelapangan menuju ke TPS – TPS untuk membersihkan sampah yang ada. "Hendaknya masyarakat dapat membantu kelancaran Pasukan Kuning," harap Rustam.

Rustam menjelaskan, pemerintah membuat jadwal pembuangan sampah tersebut agar Kota Singkawang yang pernah mendapat penghargaan Adipura pada 2009 tetap bersih.

"Khusus untuk pasukan yang menyapu di jalan, sudah ada schedule atau jadwal tersendiri. Jadwal armada angkut juga sudah kita susun sesuai kebutuhan angkutan di lapangan, " jelas Rustam.

Menurut dia, menjaga kebersihan ini sangat dan memerlukan peran serta masyarakat, karena selain untuk menjaga agar lingkungna tetap sehat juga berpengaruh pada minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Singkawang yang juga disebut sebagai Kota Pariwisata. "Makanya kebersihan Kota Singkawang ini menjadi perhatian serius bagi kita," pungkas Rustam. (*)

No Response to "Buang Sampah pada Tempat dan Waktunya"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA