Thursday 12 May 2011

Tingkatkan Kualitas Industri dengan Shindan Shi

Posted on 05:42 by Mordiadi

Sosialisasi Shindan Shi
SINGKAWANG. Untuk meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Singkawang, pelaku usaha diharapkan memanfaatkan tenaga Konsultan Diagnosis UMKM (Shindan Shi).

"Shindan Shi ini bertugas mengubah usaha mikro menjadi usaha kecil dan usaha kecil menjadi usaha menengah melalui strategi-strategi perubahan, yakni dari sisi manajemen, proses produksi, pemasaran, dan keuangan," jelas Elva Edison ST MM, Badan Riset dan Standarisasi Industri Pontianak ketika menjadi narasumber dalam Sosialisasi Shindan Shi di Ruang Serba Guna Disperindakop dan UMKM Kota Singkawang, Rabu (11/5).

Dalam sosialisasi yang dihadiri para pelaku UMKM seluruh Kota Singkawang tersebut, Elva menjelaskan, adanya Shindan Shi tersebut guna menciptakan usahawan baru dan untuk meningkatkan perkembangan UMKM. "Agar menjadi efisien dan efektif dalam beroperasional, mampu meningkatkan penjualan dan berdaya saing," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Singkawang, Emy Erwanda SE mengatakan, industri di Kota Singkawang seringkali dihadapkan pada berbagai persoalan yang menyebabkannya sulit berkembang.

Olehkarenanya, tambah dia, diadakan Sosialisasi Shindan Shi, agar pelaku usaha di Kota Singkawang dapat mengatasi masalah-masalah tersebut sehingga dunia industri menjadi berkembang signifikan.

Menurut Emy, suatu industri tidak hanya dikembangkan menjadi industri yang besar. Tetapi diharapkan kualitasnya juga meningkatkan, baik melalui pemanfaatan teknologi pengelolaan maupun lainnya.

"Bahan baku dan sumberdaya manusia kita punya. Tetapi bagaimana kita me-manaj-nya (mengelola) sehingga menjadi modern, ini menjadi kelemahan industri kita," ungkap Emy.

Dia mengakui, dari segi jumlah, pertumbuhan UMKM di Kota Singkawang terus meningkat. Tetapi kualitasnya masih rendah. "Olehkarenanya pelaku usaha yang mengikuti sosialisasi Shindan Shi nantinya menjadi embrio untuk meningkatkan kualitas industri di Kota Singkawang," kata Emy. (*)

No Response to "Tingkatkan Kualitas Industri dengan Shindan Shi"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA