Thursday 12 May 2011

SHU KPN Sinka Anjlok Rp 119,1 Juta

Posted on 05:18 by Mordiadi

SINGKAWANG. Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Sinka pada 2010 turun sekitar Rp 119,1 juta dibandingkan tahun sebelumnya, dari sekitar Rp 1,001 miliar menjadi sekitar Rp 882,1 juta.

"Penurunan tersebut, terjadi karena adanya pemberlakuan pajak," jelas Drs Taslim Salimi MSi, Ketua KPN Sinka ketika Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Sinka di Aula Hotel Dangau Singkawang, Kamis (5/5).

Taslim menjelaskan, pada 2009 SHU KPN Sinka sekitar Rp 1,001 miliar. Sedangkan pada 2010 sekitar Rp 1,025 miliar. Tetapi karenanya adanya pajak sekitar Rp 143,6 juta, maka SHU KPN Sinka pada 2010 menjadi sekitar Rp 882,1 juta.

Hal tersebut disampaikan Taslim dalam RAT KPN Sinka Tahun Buku 2010 yang bertujuan menyampaikan hasil-hasil pelaksanaan program kerja dan laporan pertanggungjawaban Pengurus KPN Sinka terhadap kinerja sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2010.

Dalam RAT tersebut selain pengurus dan anggotanya, juga hadir Walikota Singkawang Dr Hasan Karman selaku Pembina KPN Sinka diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Yohanes A Urip, Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) Kalbar Arsyad Djarnie, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Singkawang, mitra kerja KPN Sinka dan lainnya.

Menurut Ketua PKP-RI, Arsyad Djarnie, bila dibandingkan 2009, SHU KPN Sinka pada 2010 memang mengalami penurunan, tetapi bila dibandingkan beberapa tahun lalu, SHU saat ini jauh lebih besar. "Tahun-tahun lalu belum kena pajak, karena SHUnya masih kecil," jelasnya.

Semakin baiknya nilai SHU KPN Sinka tersebut, menurut Arsyad karena adanya kenaikan Simpanan Wajib Anggota menjadi Rp 50 ribu per bulan pada 2010. Kenaikan itulah yang menjadi pertimbangan diberlakukannya pajak pada 2010.

Dengan pemberlakukan pajak terhadap SHU tersebut, Arsyad mengharapkan, KPN Sinka tetap dapat berkembang kendati dihadapkan pada beberapa kendala. "Saat ini kita mempunyai kendala dalam menghimpun kader koperasi. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kita, agar ke depannya koperasi bisa menjadi kuat," katanya.

Di tempat yang sama, Walikota Singkawang, Dr Hasan Karman dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Singkawang, Drs Yohanes A Urip mengharapkan, dalam RAT yang merupakan forum tertinggi dalam KPN Sinka itu dapat memberikan masukan yang terbagi untuk koperasi.

"Kepada anggota manfaatkan forum ini sebaik mungkin, kepada pengurus untuk menyampaikan secara transparan dan tidak ada yang ditutupi dan kepada dinas terkait saya berharap untuk memajukan koperasi agar dapat berjalan ke arah yang lebih baik lagi," kataYohanes. (*)

No Response to "SHU KPN Sinka Anjlok Rp 119,1 Juta"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA