Saturday 7 May 2011

Lapas Singkawang Kesulitan Air Bersih

Posted on 00:26 by Mordiadi

Setia Budi Irianto
SINGKAWANG. Berbagai kegiatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Singkawang dibiayai negara. Sehingga tidak menjadi persoalan. Hanya saja terkendala beberapa hal di luar kegiatan pemasyarakatan, terutama persoalan air bersih.

"Kendalanya hanya di luar kegiatan pemasyarakatan saja, misalnya masalah air bersih," ungkap Setia Budi Irianto, Kepala Lapas Kota Singkawang ditemui di tempat kerjanya, Rabu (4/5).

Dia mengungkapkan, permasalahan ketersediaan air bersih menjadi persoalan utama di Lapas, karena air yang digunakan selama ini tidak layak. "Air untuk mandi anak-anak itu, waduh, zat besinya tinggi sekali, warna juga tidak karu-karuan. Sehingga banyak yang mengeluh gatal-gatal," ungkap Setia.

Sedangkan untuk konsumsi, Lapas terpaksa harus membeli dari luar, agar para petugas dan penghuni Lapas tidak terserang penyakit. "Selama ini kita membeli air dari luar, kita tidak ada mengambil air leding," kata Setia.

Karena kalau memasang leding, kata Setia, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus memasang pipa dan lainnya. Sementara anggaran untuk membeli air tidak bisa dialihkan untuk memasang pipa PDAM ke Lapas. "Tentunya untuk memasang pipa PDAM ini membutuhkan cukup banyak biaya," terangnya.

Hanya persoalan ketersediaan air bersih itulah yang menjadi permasalahan di Lapas Kota Singkawang. Sementara kegiatan pemasyarakatan tidak tidak ada masalah termasuk pada pembinaan terhadap narapidana, kegiatan olahraga, kesenian, keagamaan dan kegiatan rutin lainnya seperti kunjungan ke panti-panti asuhan.

Dia mengungkapkan, saat ini narapidana di Lapas Kota Singkawang 282 orang terdiri atas 34 wanita, 13 anak dan sisanya laki-laki dewasa. "Itu berdasarkan data terakhir kita," ujar Setia. (*)

No Response to "Lapas Singkawang Kesulitan Air Bersih"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA