Saturday 7 May 2011

Satpam, Pelajar dan Mahasiswa Pengunjung Perpustakaan Teraktif

Posted on 00:20 by Mordiadi

Penghargaan Karena Gemar Membaca
SINGKAWANG. Tiga orang berhak mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang karena menjadi pengunjung Perpustakaan Daerah Kota Singkawang terbanyak dan teraktif untuk tahun lalu. Mereka berstatus Satuan Pengamanan (Satpam), pelajar dan mahasiswa.

Warga Kota Singkawang yang paling sering berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Singkawang tersebut terdiri atas Rizpandi yang berprofesi sebagai Satpam di salah satu bank, Asmaul Husna yang berstatus pelajar SMP dan Nureska yang berstatus mahasiswa.

Penghargaan kepada Satpam, Pelajar dan Mahasiswa tersebut diserahkan langsung Deputi Pengembangan Bidang Sumberdaya, Perpustakaan Nasional RI, Drs Bambang Supriyo Utomo MLib usai pencanangan Gerakan Singkawang Membaca (GSM) di Hotel Dangau Singkawang.

Rizpandi mengatakan, secara rutin pergi ke Perpustakaan Daerah Singkawang untuk meminjam buku, paling tidak satu kali dalam satu minggu. "Buku itu untuk say abaca ketika sedang bertugas malam atau lainnya," katanya.

Ketika buku yang telah dibaca habis, Rizpandi yang sehari-hari bekerja sebagai Satpam ini kembali berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Singkawang untuk meminjam buku. Kebetulan jarak tempat kerjanya ke perpustakaan itu hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar lima menit menggunakan sepeda motor.

Rizpandi mengaku, kegemaran membacanya itu sejak duduk di bangku kuliah hingga berkeluarga dan mempunyai tiga orang anak saat ini. "Anak saya yang pertama baru kelas tiga SD, sedang dua anak saya lagi masih kecil belum sekolah," kata pria yang menggemari buku-buku tentang keagamaan ini.

Penerima penghargaan lainnya, Asmanul Husna merupakan pelajar kelas VII di salah satu SMP di Singkawang. "Setiap pulang sekolah, sekitar pukul 13.00, saya mampir ke perpustakaan daerah, sampai perpustakaan itu tutup sekitar pukul 15.00 baru saya pulang ke rumah saya di asrama tentara," katanya.

Husna mengakui, kalau minat membacanya tumbuh dari dirinya sendiri di samping faktor sekolah yang menuntutnya untuk banyak membaca buku-buku mata pelajaran agar mendapatkan nilai yang baik. "Saya sering pergi sendiri, biasa juga sama teman," kata penggemar majalah Bobo sejak SD ini.

Putri dari pasangn Durmanuddin dan Jaliyah ini sangat senang atas penghargaan yang diberikan pemerintah, walaupun sebenarnya bukan itulah yang dicarinya dari gemar berkunjung ke perpustakaan untuk membaca. "Saya senang sekali, dan tentunya akan lebih meningkatkan kegemaran saya dalam membaca," ujar Husna.

Penerima penghargaan lainnya, Nureska, merupakan salah seorang mahasiswa di perguruan tinggi di Singkawang dan aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Singkawang. "Saya pergi ke perpustakaan tergantung ada kesempatan, karena kebetulan saya di semester akhir yang sedang menyelesaikan skripsi," kata penggemar buku manajemen ini.

Minimal dalam satu minggu, Nureska berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Singkawang satu kali, terutama ketika sebelum masuk jam kuliah. "Dengan membaca ini, wawasan kita menjadi luas dan dapat berdiskusi dengan lebih matang bersama teman-teman di kampus atau di organisasi-organisai, pertemuan-pertemuan dan lainnya," pungkasnya. (*)

No Response to "Satpam, Pelajar dan Mahasiswa Pengunjung Perpustakaan Teraktif"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA