Saturday 7 May 2011

DPRD Singkawang Gagas Perda Inisiasi Pendidikan

Posted on 00:37 by Mordiadi

H Zainal Abidin HZ
SINGKAWANG. Usai Kunjungan Kerja (Kunker) ke Bogor beberapa waktu lalu, DPRD Kota Singkawang menggagas Peraturan Daerah (Perda) Inisiasi Pendidikan, agar Singkawang juga menjadi Kota Pelajar.

"Kami akan mencoba membuat payung hukum di bidang pendidikan ini, agar mutu pendidikan Kota Singkawang menjadi memadai dan pada akhirnya akan menjadi Kota Pelajar disamping kota jasa dan pariwisata," kata H Zainal Abidin HZ, Sekretaris Komisi C DPRD Kota Singkawang kepada Equator, Jumat (6/5).

Zainal mengatakan, rencana pembuatan payung hukum berupa Perda tersebut setelah mendapatkan pengetahuan dari Bogor. "Mutu pendidikan di Bogor itu sangat luar biasa. Jumlah sekolahnya pun sangat fantantis, kalau dibandingkan, jumlah sekolah di Kota Singkawang hanya 20 persennya saja," ungkapnya.

Keunggulan pendidikan di Bogor tersebut, menurut Zainal, mungkin disebabkan beberapa faktor, di antaranya karena daerah tersebut bertetangga dengan Jakarta, para pejabat pusat banyak tinggal di sana, bahkan termasuk Presiden. "Tetapi ada beberapa hal yang bisa kita contoh atau diterapkan di Kota Singkawang," katanya.

Di antara kebijakan pendidikan di Bogor yang dapat dicontoh Kota Singkawang itu, tambah dia, di antaranya penerbitan Perda Inisiasi Pendidikan. "Dengan adanya Perda ini, kepala daerah akan betul-betul mempertanggungjawabkan perkembangan pendidikan di daerahnya," terang Zainial

Dengan adanya Perda Inisiasi Pendidikan tersebut, kata Zainal, peran serta pemerindah daerah dan masyarakat menjadi sangat dominan sekali dan sekolahpun akan menjadi mandiri.

Peran pemerintah yang dimaksud Zainal tersebut, di antaranya melalui pengalokasian anggaran yang memadai untuk bidang pendidikan ditambah lagi dengan partisipasi masyarakat untuk memerhatikan dunia pendidikan.

Sedangkan mengenai sekolah akan menjadi mandiri tersebut, terang Zainal, misalnya mandiri dalam meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan lainnya. "Dengan peran pemerintah dan masyarakat dominan, sekolah menjadi mandiri untuk meningkatkan kualitas pendidikan," ujarnya.

Dia mencontohkan, di Bogor itu sekolah mampu membiayai guru-guru untuk melanjutkan pendidikannya, baik di dalam negeri maupuan luar negeri. "Jadi sekolah yang membiayai guru yang akan melanjutkan pendidikannya," jelas Zainal.

Menurut dia, hal tersebut sangat positif bila juga diberlakukan di Kota Singkawang. "Mudah-mudahan hal positif ini juga dapat diberlakukan di Kota Singkawang," harap Zainal.

Di samping itu, sarana dan prasarana pendidikan juga akan lebih baik, karena tanpa hal tersebut, tidak mungkin kualitas pendidikan di Kota Singkawang akan meningkat. "Kalau sarana dan prasarna minim, bagaimana mau meningkatkan pendidikan, kan tidak mungkin," pungkas Zainal. (*)

No Response to "DPRD Singkawang Gagas Perda Inisiasi Pendidikan"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA