Saturday 7 May 2011

SMK Pariwisata dapat Perhatian Ekstra

Posted on 00:22 by Mordiadi

Ultah SMK Pariwisata
SINGKAWANG. Pembangunan sektor pariwisata di Kota Singkawang terus menggeliat. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang akan memberikan perhatian lebih (ekstra) kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 atau SMK Pariwisata, agar lulusannya dapat diserap industri pariwisata.

"Sebagai walikota yang bertanggungjawab untuk kemajuan pariwisata Kota Singkawang, saya akan memberikan perhatian yang ekstra kepada SMK Pariwisata ini," kata Dr Hasan Karman, Walikota Singkawang ditemui usai Peringatan Ulang Tahun ke-7 SMK Negeri 3 Kota Singkawang, Selasa (3/5).

Perhatian ekstra yang dimaksud Hasan tersebut bukan hanya pada fasilias pendidikannya, yang saat ini memang penuh keterbatasan. Tetapi juga turut mempromosikannya. "Akan diupayakan bagaimana agar alumi SMK Pariwisata ini dapat terserap di dunia pariwisata," jelasnya.

Menurut Hasan, sudah selayaknya SMK Pariwisata ini mendapatkan perhatian eksrta, karena Kota Singkawang sebagai Kota Pariwisata sudah semestinya ditopang SMK yang menghasilkan sumberdaya yang terampil di bidang kepariwisataan. "Dengan jurusan yang ada di SMK Negeri 3 ini, saya kira semuanya sudah mencukupi untuk memasok ternaga kerja pariwisata," ujarnya.

SMK Negeri 3 Kota Singkawang mempunyai empat jurusan, yakni Pariwisata, Tata Boga, Tata Busaha dan Akomodasi Perhotelan, yang semuanya itu mendukung pengembangan kepariwisataan. "Hanya saja dengan keterbatasan sekarang ini, ke depannya harus lebih tingkatkan, agar level mutunya lebih naik lagi," kata Hasan

Pengembangan pariwisata di Kota Singkawang, Hasan mengatakan, sedang berproses dan semakin menggeliat. "Pembicaraan intens telah kita lakukan kepada para perusahaan untuk mendukung pengembangan kepariwisataan di Kota Singkawang ini," ungkapnya.

Setidaknya, tambah dia, dari pembicaraan yang intens tersebut, sudah terdapat empat investor yang berminat membangun hotel bintang tiga di Kota Singkawang. "Mungkin mereka sedang mempersiapkan pembangunan, menunggu saat yang tepat. Kita tidak bisa memaksanya untuk segera, yang penting minatnya sudah ada untuk membangun hotel itu," papar Hasan.

Terkait kebutuhan jumah hotel di Singkawang, Hasan belum dapat memastikan, karena hal tersebut akan bergerak perlahan sesuai dengan jumlah kunjungan ke Kota Singkawang. "Tentu para pengusaha hotel itu melihat ratio kunjungan ke Singkawang, data itu yang selalu mereka minta ke kita," tuturnya.

Tetapi, kata Hasan, hingga kini Pemkot Singkawang belum dapat menyajikan data yang valid, karena jumlah kunjungan masih bersifat musiman, belum bersifat rutin seperti kunjungan wisata di Bali yang memang sudah mempunyai fasilitas yang lengkap.

Di samping berbagai upaya Pemkot Singkawang untuk mengembangkan sektor kepariwisataan, Hasan mengharapkan para guru di SMK Negeri 3 Singkawang yang dijuluki SMK Pariwisata ini membekali siswanya dengan berbagai keterampilan agar siap diserap dunia pariwisata. "Ke depan mungkin Singkawang akan mampu menyai industri wisata lainnya, karena potensinya cukup banyak hanya belum tergali secara optimal, misalnya alam, budaya, kuliner dan lainnya," paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMK Pariwisata, Drs Bambang Sri Seramto mengatakan, sejak berdiri 16 Oktober 2003, sekolah ini cukup sulit untuk berjalan, di tahun pertama hanya menerima siswa yang tidak lulus ke sekolah lain. "Tetapi berkat kerja keras dan perjuangan semua pihak, kini SMK Negeri 3 sudah menjadi model se-Kalbar sebagai sekolah percontohan pendidikan karakter," ungkapnya.

Hal tersebut tentunya cukup membanggakan dan mendorong pihak sekolah untuk terus meningkatkan kualitas siswanya, baik di bidang pariwisata, bahasa, tataboga, busana, akomodasi perhotelan dan lainnya. "Mudah-mudahan semakin lama SMK Negeri 3 ini menjadi lebih baik dengan adanya dukungan dari semua pihak, termasuk dari Pemkot Singkawang," harapnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Singkawang, Martinus Misa SSos MSi. Menurutnya, prestasi yang diraih SMK Pariwisata di dalam keterbatasannya, tentunya membanggakan semua pihak. "Mudah-mudahan diusianya yang ketujuh ini, bisa berbuat banyak lagi dan dapat bermanfaatkan bagi Kota Singkawang," harapnya. (*)

No Response to "SMK Pariwisata dapat Perhatian Ekstra"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA