Thursday 12 May 2011

Taiwan Bidik UMKM Kota Singkawang

Posted on 05:38 by Mordiadi

Walikota Hasan Karman (kanan)
SINGKAWANG. Rombongan dari Taiwan Economic and Trade Office (TETO) atau Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan bertandang langsung ke Kota Singkawang. Kedatangannya untuk mengetahui secara langsung potensi investasi microfinance atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Semoga kunjungan ini membuat kami lebih kenal tentang Kota Singkawang. Sehingga bisa segera merealisasikan kerjasama ekonomi dan perdagangan," harap Cheng Hsin Liu, Perwakilan TETO ketika berkunjung ke Kediaman Walikota Singkawang, Selasa (10/5).

Kunjungan dari rombongan TETO tersebut diterima langsung Walikota Hasan Karman beserta beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Singkawang.

Dalam dialog yang memanfaatkan jasa penerjemah tersebut. Walikota Hasan Karman beserta jajarannya menyampaikan beberapa keunggulan Kota Singkawang termasuk potensi investasi dibidang UMKM di Kota Pariwisata ini.

Usai pertemuan tersebut, Walikota Hasan Karman mengajak perwakilan TETO tersebut ke Bank Kalbar untuk melihat langsung potensi microfinance serta menuju lokasi UMKM seperti Pabrik Keramik, karena produk dari pabrik tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Walikota Hasan Karman mengatakan, sebenarnya hubungan Kota Singkawang dengan Taiwan sudah terjalin erat, terutama antara Taiwan dengan San Kou Yang (Singkawang Mandarin) melalui perkawinan campuran. "Jadi, antara San Kou Yang dengan Taiwan seperti terjalin hubungan kekeluargaan," jelasnya.

Apalagi, pada November 2010, Hasan Karman pernah berkunjung ke Taiwan untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman di bidang pendidikan, pertanian, pariwisata dan budaya.

Kunjungan ke Taiwan tersebut dilakukan bersama Ketua DPRD Kota Singkawang, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pertanian serta Ikatan Alumni Taiwan.

Menurut Hasan, hubungan yang telah terjalin erat tersebut hendaknya dapat dikembangkan atau diperluas lagi dalam bentuk kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan. "Demi kemajuan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang," katanya.

Selain karena hubungan erat tersebut, Hasan sangat optimis akan terjalin kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan dengan Taiwan, karena Kota Singkawang mempunyai berbagai potensi yang dapat diandalkan. (*)

No Response to "Taiwan Bidik UMKM Kota Singkawang"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA