Thursday 24 June 2010

Buat Kemasan Tuak

Posted on 23:50 by Mordiadi

PONTIANAK. Selama ini, tuak yang merupakan minuman beralkohol (minol) tradisional Kalbar, tidak sepeserpun memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh karenanya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalbar harus menghimbau masyarakat pembuat tuak untuk membuat kemasannya.

"Kalau tidak ada kemasannya tentu susah menempelkan hologramnya. Sehingga tidak memberikan kontribusi bagi PAD Kalbar," kata Krisantus Kurniawan SIP MSi, Anggota Panitia Khusus (Pansus) Minol DPRD Kalbar ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/6).

Menarik pajak dari tuak ini merupakan terobosan baru untuk meningkatkan PAD Kalbar. Sebelumnya, tuak yang dibuat masyarakat hanya untuk dikonsumsi sendiri.

Tuak sering dibuat atau diproduksi masyarakat Dayak Kalbar, tetapi bukan untuk dijual. Minol berbahan baku air enau itu dibuat untuk dikonsumsi sendiri, misalnya ketika pelaksanaan gawai atau pesta. "Sehingga menimbulkan kesan kalau orang Dayak itu kalau gawai itu minum lalu, mabok," kata Krisantus.

Tetapi, kalau sudah dikemas untuk dijual dan dikenakan pajak, tentunya kesan itu akan hilang dengan sendirinya dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PAD, seperti halnya yang diberlakukan di Bali. "Hal ini tentunya akan sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," proyeksi Krisantus.

Oleh karenanya, Krisantus mendorong Disperindag Kalbar untuk mensosialisasikan ke masyarakat yang membuat tuak untuk membuat kemasannya, seperti dalam bentuk botol atau lainnya.

Krisantus mencontohkan seperti Bali. Minol tradisionalnya berupa Arak dikemas untuk dijual dikenakan pajak. Sehingga berkontribusi bagi daerah dan meningkatkan penghasilan masyarakat.

Di Pulau Dewata itu, arak sudah dikenal sejak zaman dahulu. Jenis minol ini umumnya dibuat dari tuak kelapa dengan cara penyulingan, dapat juga dibuat dari beras ketan melalui proses pentapean selanjutnya diperas.

Arak begitu dikenal di Bali, karena merupakan salah satu jenis minuman yang digunakan untuk sesajian (tabuh) bersama-sama dengan brem dan tuak pada upacara adat dan keagamaan.

Karena dipercayai, kalau arak tidak dikonsumsi secara berlebihan dapat berkhasiat bagi orang tua dan dewasa untuk menghangatkan badang, menghilangkan rasa mual dan pengobatan tradisional lainnya.(*)

No Response to "Buat Kemasan Tuak"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA