Friday 25 June 2010

Polutan Silih Berganti, Biota Air Nyaris Lenyap

Posted on 00:03 by Mordiadi

PONTIANAK. Untuk menemukan ikan gendang-gendis di aliran Sungai Kapuas tidak semudah seperti bertahun-tahun lalu. Keberadaannya mungkin tinggal legenda, akibat polutan yang datang silih berganti mencemari sungai terpanjang di Indonesia itu.

"Ketika masa jaya-jayanya sektor perkayuan di Kalbar, Sungai Kapuas itu tercemar zat phenol, formalin, urea, melamin dan zat berbahaya lainnya," ungkap Prof Dr Thamrin Usman, Dekan MIPA Untan ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/6).

Pencemaran tersebut terjadi karena perusahaan-perusahaan perkayuan di pinggir Sungai Kapuas seperti di Sungai Raya membuang limbah berbahaya itu ke sungai.

Seiring dengan meredupnya sektor perkayuan di Kalbar, satu-satu persatu perusahaan perkayuan itu pailit atau tidak dapat beroperasi lagi. Hal itu tentunya berdampak positif bagi Sungai Kapuas, karenanya tentunya polutan akan sedikit berkurang. Walaupun selama ini sudah menyebabkan beberapa ikan jarang terlihat lagi seperti ikan gendang gendis.

Tetapi, kata Thamrin, kendati sektor perkayuan telah redup dan banyak perusahaan yang bangkrut, zat-zat yang berbahaya yang dibuangnya masih mencemari Sungai Kapuas dan terus mengancam kesehatan masyarakat.

Pasca zat-zat berbahaya yang dibuang perusahaan perkayuan ke sungai itu, semunya tentu beranggapan pencemaran Sungai Kapuas akan berkurang.

Kenyataannyannya, pasca perusahaan perkayuan, penyumbang polusi air Sungai Kapuas beralih ke rumah tangga, menambah polusi yang lebih dulu dibuang perusahaan-perusahaan tersebut.

Terkait pencemaran ini, Thamrin menyarankan pemerintah agar membuat semacam sentra pembuangan limbah. Agar perusahaan maupun masyarakat atau rumah tangga tidak lagi membuang limbahnya ke sungai seperti deterjen, minyak dan lainnya. "Karena hal tersebut membahayakan kesehatan masyarakat, dan mempengaruhi kualitasi sumberdayanya," katanya. (*)

No Response to "Polutan Silih Berganti, Biota Air Nyaris Lenyap"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA