Thursday 24 June 2010

Galang Organisasi Keagamaan untuk Berantas Malaria

Posted on 23:20 by Mordiadi

PONTIANAK. Memanfaatkan bantuan dari Global Fund for AIDS, Tuberculosis dan Malaria (GFATM), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar menjalin kerjasama dengan sejumlah organisasi keagamaan untuk mengantisipasi penyakit malaria.

"Kerjasama dengan organisasi keagamaan itu telah ditandangi sekita dua bulan lalu," kata dr HM Subuh MPPH, Kepala Dinkes Kalbar ditemui Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, baru-baru ini.

Organisasi keagamaan yang bekerjasama untuk mencegah terjadinya penyakit Malaria di Kalbar itu di antaranya Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Aisyah dan lainnya.

Menurut Subuh, agar pelaksanaan di lapangan tidak tertutup pada komunitas tertentu saja, (eksklusifisme), kegiatan ini dikoordinasikan dan dimonitor Dinkes kabupaten/kota.

Dia sangat mengharapkan, program pencegahan terhadap penyakit malaria melalui kerjasama dengan organisasi keagamaan ini dapat tepat sasaran. "Sehingga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang faktor risiko dan kemungkinan penyebaran malaria di daerah masing-masing," kata Subuh.

Sementara itu, dari 14 kabupaten/kota di Kalbar, hanya Kota Pontianak yang masuk kategori hijau atau jumlah penderita kurang dari 1 per seribu penduduk.

Sedangkan kabupaten/kota lainnya masuk kategori rawan. Sehingga perlu penanganan terpadu (komprehensif), melibatkan seluruh pihak, termasuk bantuan dari negara luar.

Terkait bantuan dari GFATM untuk penanggulangan Malaria di Kalbar, Shubuh menyebutkan, hingga 5 tahun kedepan telah dianggarkan dana sekitar US$ 12 juta.

Bantuan dari negara luar itu tidak semuanya berbentuk uang, tetapi juga dalam bentuk obat-obatan, pembangunan laboratorium serta pengadaan peralatan medis. "Bantuan ini merupakan stimulus bagi pemerintah daerah agar dapat terbebas dari penyakit malaria 2020," kata Subuh. (*)

No Response to "Galang Organisasi Keagamaan untuk Berantas Malaria"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA