Thursday 24 June 2010

Tingkatkan Daya Saing Wisata dengan Tour Patern

Posted on 23:01 by Mordiadi

PONTIANAK. Salah satu strategi meningkatkan daya saing dunia kepariwisataan Nasional dengan menerapkan pola perjalanan wisata yang meliputi dari berbagai aspek (Tour Patern).

"Mulai dari identifikasi, pemetaan potensi daya tarik wisata, fasilitas pendukung hingga aksesbilitas wisata," kata Abdul Aris Sitaba, Direktur Usaha Pariwisata, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengembangan Destinasi, Kementerian Pariwisata ditemui usai pembukaan Workshop Fasilitasi Penyusunan Paket Wisata Tematik di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Selasa (1/6).

Aris menjelaskan, terobosan berupa Tour Patern tersebut juga melibatkan ASITA di Kalbar. "Ini merupakan inovasi dalam pengembangan sektor kepariwisataan Nasional, sekaligus menyaingi paket wisata negara asing yang terus membanjiri pangsa pasar pariwisata Nasional," ungkapnya.

Oleh karena itu, agar dunia pariwisata di Kalbar dapat turut bersaing dengan paket wisata negara asing, Kementerian Pariwisata turut mendukung pembangunan dan pengembangan dunia kepariwisataan di Kalbar dengan menggulirkan program wisata tematik.

"Bersama pemerintah daerah, Kementrian Pariwisata merancang suatu Paket Wisata yang menggabungkan berbagai objek wisata unggulan lokal dalam perjalanan wisata," terang Aris

Tetapi, tambah dia, efektivitas program yang diusung tersebut juga membutuhkan partisipasi instansi terkait seperti Dinas Perhubungan. Sehingga program wisata ini dapat berjalan sinergis.

Aris menyampaikan, pemerintah pusat menyerahkan sepenuhnya urusan harga paket wisata yang ditawarkan ke daerah. "Kendati harganya lebih tinggi dari paket wisata asing, tidak menjadi persoalan asalkan paket wisata yang disajikan sesuai dengan apa yang diiklankan atau dipromosikan," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalbar, Drs Kamaruzzaman MM mengatakan, program tour patern ini sangat positif untuk memajukan dunia kepariwisataan di Kalbar. "Namun proses penyusunan paket wisata lokal ini harus memerhatikan kondisi geografis wilayah," ingatnya. (*)

No Response to "Tingkatkan Daya Saing Wisata dengan Tour Patern"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA