Thursday 24 June 2010

Razia Rutin, Taksi Gelap Tetap Misterius

Posted on 23:17 by Mordiadi

PONTIANAK. Taksi gelap atau tidak berizin merajalela, tidak hanya dalam kota, antarkabupaten/kota pun dirambahnya. Razia rutin telah dilakukan, tetapi, keberadaannya masih sangat misterius, karena sulit dibuktikan.

"Katanya taksi gelap banyak yang beroperasi, merajalela, tetapi kalau kita tertibkan malah tidak ketemu," kata DL Denny, Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Komunikasi Kalbar ditemui di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (3/6).

Hal tersebut tentu saja membuat Denny kesal. Apalagi beberapa pihak sering menyebutkan kalau tidak ada upaya penertiban terhadap taksi gelap tersebut. "Kita sudah berupaya menertibkan, razia setiap bulan kita lakukan, seperti di Wajok sampai ke hulu-hulu juga," ungkapnya.

Kalau ditemukan taksi gelap yang beroperasi, tentu tidak ada ampun bagi pemiliknya. "Kalau ketemu akan kita proses ke pengadilan, tidak ada maaf bagi mereka (pemilik taksi gelap, red)," tegas Denny.

Dia menjelaskan, razia taksi gelap tersebut dilaksanakan bersama pemerintah kabupaten/kota, kepolisian dan asuransi. "Tetapi tetap saja tidak ditemukan taksi gelap," terang Denny.

Ketika razia, kata Denny, apabila petugas di lapangan mencurigai mobil yang lewat itu taksi gelap, langsung dihentikan. "Tetapi ketika ditanya, katanya hanya mobil keluarga. Ini yang menjadi permasalahan, sangat sulit membedakan mana yang taksi gelap mana yang mobil keluarga," akunya.

Razia rutin yang dilaksanakan tersebut tidak menutup kemungkinan sering bocor, sehingga taksi gelap tidak beroperasi. Menurut Denny, hal tersebut mungkin saja terjadi, karena yang melaksanakan razia melibatkan banyak instansi. "Kerahasiaannya kurang terjamin," katanya

Denny mengakui, memang taksi gelap itu sering beroperasi. Tetapi tidak sebanyak anggapan orang. "Mungkin juga ada yang menganggap mobil berplat RC (Rental Car, red) atau mobil sewa dikira taksi gelap, maka disebutlah taksi gelap merajalela," katanya.

Dijelaskannya, mobil berplat RC itu tidak berwarna kuning tetapi telah memiliki izin, tidak seperti taksi gelap yang tidak memiliki izin untuk mengangkut penumpang. (*)

No Response to "Razia Rutin, Taksi Gelap Tetap Misterius"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA