Thursday 24 June 2010

Kalbar-Serawak Kerjasama Amankan Perbatasan

Posted on 23:28 by Mordiadi

PONTIANAK. Kondisi kawasan perbatasan yang rentan terjadi tindak kriminalitasi membuat pihak Indonesia-Malaysia menjalin kerjasama pengamanannya. Sehingga disepakati pertemuan periodik pemimpin tentara (commanders meeting) antara TNI di Kalbar dengan TDM di Serawak.

"Commanders meeting ini merupakan langkah strategis untuk menjaga hubungan bilateral antara kedua negara termasuk angkatan bersenjatanya masing-masing agar sering terjadi interaksi dan tetap harmonis," terang Kol Inf Toto Rinanto S, Komandan Korem (Danrem) 121/ABW ditemui di Hotel Orcardz Pontianak, belum lama ini.

Pertemuan pemimpin tentara tersebut merupakan pertemuan rutin atau periodik antara pemimpin TNI AD Kalbar dalam hal ini Danrem dengan Pimpinan Tentara Diraja Malaysia yang bertugas di Serawak.

Kesepakatan penting dalam comannders meeting tersebut yakni melaksanakan patroli bersama antara TNI AD dan TDM di perbatasan Kalbar-Serawak.

Tahun ini telah dijadwalkan dua kali patroli, masing – masing pertengahan Juni di bawah koordinasi TDM, kemudian dilanjutkan pada pertengahan Desember mendatang di bawah koordinasi TNI AD.

Rinanto menjelaskan, kerjasama antara militer kedua daera ini, bukan hanya fokus pada aspek pertahanan mapun keamanan. Namun` juga mempererat tali silaturrahmi antara dua negara serumpun, melalui berbagai kegiatan sosial.

Kegiatan silaturrahmi itu di antaranya dengan saling berkunjung antarpersonel militer serta pertandingan olahraga persahabatan antara prajurit yang bertugas di du pos militer, yang saling berhadapan di perbatasan kedua negara. (*)

No Response to "Kalbar-Serawak Kerjasama Amankan Perbatasan"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA