Friday 25 June 2010

Tambah Penyertaan Modal ke Bank Kalbar

Posted on 00:01 by Mordiadi

PONTIANAK. Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar didorong untuk menambah nilai penyertaan modal ke Bank Kalbar, bukan hanya Rp 20 miliar.

"Ini salah satu upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan PAD Kalbar," kata H Alifuddin SE MM, Anggota Panitia Khusus (Pansus) Penyertaan Modal ke Bank Kalbar DPRD Kalbar ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/6).

Menurut Alifuddin, memperbesar jumlah penyertaan modal ke Bank Kalbar tersebut tentunya berdampak pada semakin baiknya pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Kita mengharapkan modal itu tidak bertelur di pusat, tetapi diharapkan benar-benar untuk mengembangakan perekonomian di Kalbar," katanya.

Dengan upaya peningkatan penyertaan modal dari Pemprov Kalbar itu diharapkan dapat mendorong Bank Kalbar untuk memaksimalkan pemanfaatannya untuk mengembangakan perekonomian masyarakat. "Hal ini yang akan kita perkuat dalam Perda penyertaan modal nantinya," kata Alifuddin.

Upaya untuk meningkatkan penyertaan modal dari Pemprov Kalbar itu dilakukan karena beberapa pertimbangan. Menurut Alifuddin, di antaranya, Bank Kalbar dinilai sehat dan terus berupaya mengembangkan UMKM yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan PAD Kalbar.

Selain itu, tambah dia, Bank Kalbar juga membutuhkan dana sekitar Rp 600 miliar. Sementara hingga 2009, total modal yang disertakan Pemprov Kalbar hanya sekitar 111,3 miliar dan tahun ini disertakan lagi Rp 20 miliar sehingga menjadi Rp sekitar 220 miliar ditambah lagi dari penyertaan modal pemerintah kabupaten/kota. "Tentunya jumlah tersebut masih jauh dari yang dibutuhkan," kata Alifuddin.

Oleh karenanya, Alifuddin mengharapkan, jumlah penyertaan modal dari Pemprov Kalbar itu ditambah atau lebih besar lagi pada tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, Bank Kalbar menargetkan penyaluran kreditnya pada 2010 mencapai sekitar Rp 3,8 triliun. Karena semakin membaiknya kondisi perekonomi dan daya beli masyarakat Kalbar. (*)

No Response to "Tambah Penyertaan Modal ke Bank Kalbar"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA