Friday 25 June 2010

PLN akan Beli Listrik ke PTPN XIII

Posted on 00:20 by Mordiadi

PONTIANAK. Listrik seringkali byarpet karena minimnya pasokan energi di PT (Persero) PLN. Untuk menambah pasokan itu, salah satunya dengan membeli energi dari limbah sawit PT (Persero) Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII.

"Saya tinggal menunggu PTPN XIII untuk diikat dengan perjanjian jual beli tenaga listrik," terang Widodo Budi Nugroho, General Manajer PT PLN Wilayah Kalbar ketika Focus Group Discussion (FGD) Pemanfaatan dan Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Ulin Room Hotel Santika Pontianak, Kamis (10/6).

Kalau telah diikat dengan perjanjian tersebut, berarti PT PLN sudah mendapat suplai dari PTPN XIII. "Mudah-mudahan 2011 sudah dapat suplai listrik dari PTPN," kata Widodo.

Suplai listrik tersebut dari pembangkit listrik yang dibangun PTPN XIII di Parindu, Sanggau menggunakan limbah-limbah sawit. "Kami juga akan intensifkan ke daerah-daerah lain untuk pemanfaatan energi terbarukan dari limbah sawit ini, baik dengan PTPN maupun perusahaan sawit lainnya," terang Widodo.

Dia mengungkapkan, pemanfaatan energi listrik dari limbah sawit ini sangat besar sekali potensinya di Kalbar, sekitar 300 megawatt, baik di PTPN XIII maupun pabrik-pabrik sawit swasta lainnya.

Widodo mengatakan, selain akan membeli listrik-listrik dari PTPN XIII, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan perusahaan sawit lainnya. "Saya akan menghbungi Gabungan Pengusaha Sawit untuk memaparkan potensi limbah sawit menjadi energi listrik," katanya.

Selain itu, Widodo mengungkapkan, perusahaan sawit-sawit lainnya juga memiliki pembangkit listrik dengan memanfaatkan limbah sawit. Tentunya dapat dimanfaatkan kalau dijual ke PLN untuk dialirkan ke masyarakat.

Widodo menjelaskan, membeli listrik dengan perusahaan-perusahaan sawit seharga Rp 850/kilowatt tentunya lebih murah ketimbang memanfaatkan mesin diesel dengan harga solar mencapai Rp 6.500 liter. "Dengan kita membeli energi terbarukan dari perusahaan sawit ini, setidaknya mengurangi kerugian di kita," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Pengembangan Usaha, Direktorat Perencanaan dan Pengembangan PTPN XIII menjelaskan, potensi listrik yang dihasilkan limbah Pabrik Minyak Sawit (PMS) dengan kapasitas olah 30 ton Tandan Buah Segar (TBS) per jam dapat menghasilkan sekitar 54.990 megawatt listrik per tahun.

Dia menjelaskan, terdapat beberapa jenis limbah sawit yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi energi listrik, yakni Fiber, Shell, Tankos dan Bio Gas (CH4).

"Kami telah memanfaatkan fiber dan bio gas itu untuk memenuhi kebutuhan listrik ketika operasional dan untuk mengaliri listrik di rumah karyawan-karyawan pabrik," terang Purwadi.

Tetapi di PTPN masih terdapat limbah sawit berupa shell dan tangkos yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi sumber energi listrik. "Sekarang kita sedang melakukan studi kelayakan tentang limbah tersebut," ungkap Purwadi.

Studi kelayakan yang dimaksudkan Purwadi tersebut dilihat dari sisi finansial, sosial dan teknis. Dari sisi finansial untuk mengetahui dana yang dibutuhkan untuk membangun pembangkit listrik memanfaatkan limbah shell dan biogas itu.

Sedangkan studi kelayakan dari sisi sosial itu, melihat dampaknya terhadap lingkungan dan berapa saja tenaga kerja yang dapat diserap untuk membangun pembangkit listrik itu. "Tentunya akan berdampak sekali, ini yang kita lihat layak atau tidak," ujar Purwadi.

Sedangkan studi kelayakan teknis, kata Purwadi, terdiri atas potensi yang dimiliki layak atau tidak dijadikan sumber energi untuk dijual. "Setelah itu baru kita eksekusi desainnya untuk menjadi produk alternatif. Dari sini pula akan diketahui jumlah harga jual per kilovolt-nya," terangnya.

Selanjutnya hasil studi kelayakan itu akan ditawarkan ke investor, dan tentunya akan terjadi proses lelang atau tawar menawar harga pembangunan pembangkit listrik memanfaatkan limbah PMS itu.

Dia mengungkapkan, potensi limbah PMS dan perkebunan kelapa sawit PTPN XIII distrik Kalbar terdiri atas, Pabrik Ngabang 2-3 megawatt, Pbarik Parindu dan Kembayan 5-6 megawatt, Pabrik Gunung Meliau dan Rimba Belian 4-5 megawatt. (*)

No Response to "PLN akan Beli Listrik ke PTPN XIII"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA