Saturday 29 May 2010

BPS Sensus ABK di Lepas Pantai

Posted on 07:50 by Mordiadi

PONTIANAK. Badan Pusat Statistik (BPS) Kalbar mengerahkan 60 Petugas Sensus untuk mendata Anak Buah Kapal (ABK) di lepas pantai, Pelabuhan Nipah Kuning, Dwikora dan Sheng Hie.

"Di lepas pantai itu sampai ke muara Jungkat," terang Iskandar Zulkarnaen, Kepala BPS Kalbar ditemui wartawan di Administrator Pelabuhan (Adpel) Pontianak sebelum mendata ABK, Sabtu (15/5) pagi.

Untuk mendata ABK di kapal yang sandar di lepas pantai itu setidaknya membutuhkan waktu perjalanan sekitar dua jam dari Adpel. "Kita menggunakan dua speedboat dan dua kapal untuk kapal yang sandar lepas pantai itu," terang Iskandar.

Ketika mendata ABK tersebut, kata Iskandar, Petugas Sensus dari BPS juga dibantuan ratusan petugas dari Adpel serta petugas Kantor Penjaga Laut dan Pantai (KPLP). "Kita menargetkan semua ABK selesai di data hari ini (kemarin, red) paling tidak selesai hingga jam dua siang," ungkapnya.

Dia menjelaskan, ABK yang didata merupakan seluruh warga di kapal berbendera Indonesia yang sandar atau berlabuh di empat titik pelabuhan di Pontianak, yakni pelabuhan Dwikora atau pelabuhan Pontianak, Nipah Kuning, Sheng Hie dan yang sandar di lepas pantai.

"Warga atau penduduk manapun yang berada dalam kapal berbendera Indonesia yang berlabuh atau bersandar akan kita data, jadi kita tidak melihat dia dari mana asalnya," jelas Iskandar.

Tetapi pertanyaan yang diajukan kepada ABK tersebut sedikit berbeda dengan warga atau penduduk lainnya. Karena ketika mendata ABK, pertanyaan awal yang diajukan sejak kapan meninggalkan tempat tinggalnya.

Iskandar menjelaskan, pertanyaan tersebut guna menghindari data yang tumpah tindih. "ABK yang didata itu, mereka yang telah meninggalkan tempat tinggalnya sejak sebelum 1 Mei lalu. Karena kalau setelah itu kita khawatir mereka telah disensus di tempat tinggalnya," katanya.

Ketika melaksanakan pendataan, para petugas sensus akan berkoordinasi dengan nakhoda kapal. "Karena dia (Nakhoda, red) lebih mengetahui warga kapalnya itu," jelas Iskandar.

Dia belum dapat memastikan jumlah ABK yang akan didata tersebut, yang jelas semua ABK harus sudah terdata. "Pendataan terhadap ABK ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Sebenarnya, pendataan terhadap ABK tersebut secara Nasional dimulai sejak pukul 10.00 kemarin, tetapi di Pontianak dimajukan menjadi dimulai pukul 08.00.

Sementara terkait seluruh sensus yang dimulai sejak 1 Mei lalu, dari 14.700 blok sensus di Kalbar, 70 persen di antaranya telah selesai didata. "Entry (pemasukan, red) data hampir 30 persen," ungkap Iskandar.

Dia mengharapkan hingga 31 Mei mendatang seluruh pendataan yang dilakukan petugas sensus telah selesai. "Artinya tugas kita semua dalam mendata diharapkan selesai pada 31 Mei," kata Iskandar.

Seandainya masih terdapat warga yang belum terdata, diberi kesempatan untuk segera melapor ke RT hingga awal Juni. "Kita diberi kesempatan sampai awal Juni,tapi syaratnya masyarakat yang datang melapor ke RT untuk didata," ujar Iskandar. (*)

No Response to "BPS Sensus ABK di Lepas Pantai"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA