Sunday 9 May 2010

Gubernur Minta Maaf ke Dewan

Posted on 06:01 by Mordiadi

PONTIANAK. Bila sebelum-sebelumnya hubungan eksekutif dan legislatif Kalbar terus memanas. Tetapi, kali mulai tampak mencair. Gubernur Kalbar, Drs Cornelis MH menyampaikan permohonan maafnnya kepada DPRD Kalbar.

"Mungkin ada yang tidak menyenangkan, saya mohon maaf. Wajar saya juga manusia, rekan-rekan juga manusia. Tapi tolong dewannya jangan galak-galak," kata Drs Cornelis MH ditemui wartawan usai Paripurna Rekomendasi DPRD Kalbar terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawab (LKPj) Gubernur Kalbar di Balairungsari Kalbar, kemarin (30/4)

Hal ini tentu saja kontras dengan kejadian beberapa waktu lalu. Karena antara Kepala Daerah dan Wakil Rakyat Kalbar tersebut seringkali berbeda pendapat dan saling serang mengenai suatu hal.

Apalagi ketika, Cornelis "menyerang" DPRD Kalbar ketika pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalbar beberapa waktu lalu.
Pada Musrenbang tersebut, Cornelis membuat para legislator Kalbar tersinggung, lalu rapat fraksi-fraksi di DPRD Kalbar pun untuk membahas pernyataan mantan Bupati Landak itu.

Akhirnya setelah berlangsung "perang urat saraf" akhirnya berujung pada tuntutan dari beberapa legislator agar orang nomor satu di Kalbar itu menyampaikan permohonan maafnya.

Memang bukan sekali saja terjadi "perseteruan" Cornelis dengan beberapa legislator. Tetapi, hal tersebut lebih pada untuk menciptakan pemerintah yang lebih baik. "Saya mengucapkan terima kasih kepada dewan, dimana hubungan kerjasama selama ini antara pemerintah daerah dan dewan berjalan dengan baik dan sangat baik," ujarnya.

Menurut Cornelis, selama ini hubungannya dengan legislator sudah sanat baik. Tetapi, dalam hubungan tersebut tentunya terdapat hal-hal yang tidak berkenan, baik antara dewan dengan kepala dinas, badan, kepala bagian, tim anggaran dan gubernur. "Itu wajar, kita juga manusia," katanya.

Dia mengharapkan, kerjasama antara eksekutif dan legislatif yang berjalan baik tersebut hendaknya lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang. "Karena pemerintah daerah adalah Kepala Daerah dan DPRD. Kalau berhasil, bukan hanya keberhasilan Gubernur, tapi juga keberhasilan DPRD," kata Cornelis.

Terkait dengan penilaian DPRD terhadap LKPj lalu, Cornelis menilai hal tersebut juga merupakan sesuatu yang baik. "Saya akan menindaklanjuti semua yang menjadi catatan dewan, bukan hanya terkait kinerja Dinas Kesehatan dan Dispenda," katanya. (*)

No Response to "Gubernur Minta Maaf ke Dewan"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA