Saturday 29 May 2010

Kepala SKPD Harus Kuasai Bidang Kerja

Posted on 08:25 by Mordiadi

PONTIANAK. Memangku suatu jabatan, tentunya harus dibarengi dengan kemampuan atau kompetensi yang memadai. Olehkarenanya, kepala-kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus menguasai bidang kerjanya masing-masing.

"Birokrat itu harus hati-hati dalam memangku jabatannya, harus menguasai betul bidang-bidang kerjanya," kata Drs Cornelis MH, Gubernur Kalbar ketika Pekan Gawai Dayak di Rumah Betang (Panjang) Pontianak, baru-baru ini.

Kalau memang para birokrat tidak memahami bidang kerjanya secara mendetail dikhawatirkan akan dikendalikan kepala-kepala bidangnya. "Jangan sampai gara-gara kabid-nya melakukan rekayasa-rekayasa. Salah-salah kepala SKPD yang tersangkut kasus hukum gara-gara salah tandatangan," ingat Cornelis.

Selain itu, kata Cornelis, bila kepala SKPD tidak memahami betul bidangnya, akan mempengaruhi pelayanan instansi yang dipimpinnya kepada masyarakat. "Pelayanan kepada masyarakat menjadi tidak optimal," ujarnya.

Banyaknya kepala SKPD yang tidak memahami bidangnya kerjanya seringkali ditemui, terutama di pemerintahan kabupaten/kota. Ketika ditanyai gubernur mengenai bidang kerjanya, banyak yang tidak bisa menjawab.

Hal itu pernah terjadi ketika pertemuan terkait penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pengendalian kebakaran hutan dan lahan beberapa waktu lalu.

Ketika itu, Cornelis menanyakan langsung mengenai jumlah titik panas (hotspot) di salah satu kabupaten kepada pejabat yang bersangkutan. Tetapi, pejabatnya malah tidak mengetahui sama sekali. Hal tersebut tentunya membuat suami Frederika ini kecewa.

Melihat ketidaktahuan pejabat itu, Cornelis kaget dan serta merta menyebut nama Tuhan. "Kalau tidak mengetahui hal-hal mengenai bidang tugasnya ini bagaimana," kesalnya.

Tentu saja Cornelis tidak ingin hal seperti itu terjadi kembali pada pertemuan-pertemuan berikutnya yang membahas program-program pemerintah. "Kalau pun memang mewakili atasannya, hendaknya koordinasi dulu, apa-apa saja yang perlu diketahui dalam suatu pertemuan," ujarnya.

Agar ketika ditanya mengenai bidang tugasnya, tambah Cornelis, dapat menjelaskannya secara gamblang. "Yang mewakili ini juga harus bisa menjelaskan kepada atasannya, apa saja yang menjadi hasil dalam pertemuan itu," harapnya.

Mereka yang mewakili juga harus dapat menyakinkan atasannya mengenai pentingnya hasil dari suatu pertemuan, misalnya mengenai komitmen-komitmen terkait pengendalian lingkungan hidup dan program-program lainnya. (*)

No Response to "Kepala SKPD Harus Kuasai Bidang Kerja"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA