Saturday 29 May 2010

Komoditas Pertanian Kalbar Berpotensi Rambah Afrika

Posted on 08:14 by Mordiadi

PONTIANAK. Selama ini komoditas hasil pertanian Kalbar hanya diekspor ke Asia, Amerika dan Eropa. Kini berpeluang merambah negara-negara Afrika, setelah Kalbar mendapat tawaran dari duta besar dan atase perdagangan di Benua Mutiara Hitam itu.

"Kalbar mendapat tawaran untuk pemasaran produk hasil pertanian ke Afrika," ungkap Dody Surya Wardaya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dipsperindag) Kalbar ditemui di Pekan Gawai Dayak (PGD), Sabtu (22/5).

Dody mengungkapkan, duta besar dan atase perdangan Afrika itu mewakili beberapa negara di Benua Afrika berkunjung ke Kalbar beberapa waktu lalu untuk menawarkan untuk memasarkan produk Kalbar ke daerahnya.

Terkait dengan tawaran dari Afrika itu, kata Dody, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar menyambut baik. "Karena sama hal dengan membuka pasar baru bagi ekspor Kalbar," katanya.

Menurut dia, dengan adanya tawaran tersebut tetunya menjadi peluang bagi para pengusaha di Kalbar terutama para eksportir. "Tetapi mereka perlu dipersiapkan terlebih dahulu, serta komoditas apa saja yang dapat diekspor ke Afrika dan dukungan apa yang diperlukan untuk masuk ke wilayah mereka," terang Dody.

Para pengusaha dari Kalbar perlu dipersiapkan sebelum masuk ke Afrika, karena, menurut Dody, setiap negara memiliki perlakuan berbeda mengenai penerimaan jenis komoditasnya dan penanganan pemasarannya.

Selain itu, para pengusaha Kalbar juga harus memiliki agen atau korespondensi di Afrika yang berguna sebagai agen untuk memberikan informasi mengenai ekspor Kalbar ke Afrika.

Sebenarnya, ungkap Dody, Kalbar pernah mengekspor garmen ke Afrika, tetapi mereka ternyata lebih membutuhkan produk-produk hasil pertanian. "Di Kalbar sangat berpotensi mengenai produk hasil pertanian itu, seperti rempah-rempah dan lainnya," ujarnya.

Kalau memang sudah dapat diatur sedemikian rupa mengenai ekspor hasil pertanian Kalbar ke Afrika, kata Dody, bisa saja dilakukan penanaman massal dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur di Kalbar agar suplainya kepada para pengusaha untuk diteruskan ke Afrika tetap lancar. "Petani kita itu kan yang penting ada jaminan kalau hasil tanamnya ada yang membeli," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalbar, Drs Christiandy Sanjaya SE MM mengatakan, memang Kalbar berpeluang menjalin kerjasama dengan Afrika. "Misalnya di bidang perkebunan, apalagi seperti Nigeria itu merupakan negara yang menjadi asal usulnya sawit," ungkapnya.

Dia mengatakan, kerjasama itu dapat dibangun, karena selama ini hubungan Afrika dengan Kalbar khususnya dan Indonesia umumnya memang kurang berkembang. "Mungkin karena keterbatasan komunikasi, kurangnya informasi dan sebagainya, inilah yang mau kita bangun," ujar Christiandy. (*)

No Response to "Komoditas Pertanian Kalbar Berpotensi Rambah Afrika"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA