Tuesday 13 July 2010

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Posted on 07:42 by Mordiadi


Pontianak. Menjelang bulan puasa, lebaran dan tahun baru, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah Kota Pontianak hendaknya mengantisipasi kekurangan stok dan kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Tindakan antisipasi menjelang hari raya tersebut hendaknya dilakukan sejak dini,” saran Arief Prasetyo, Wakil DPRD Kota Pontianak ditemui di kediamannya, Senin (12/7).

Arief menyampaikan hal tersebut, karena potensi untuk meningkatnya harga kebutuhan pokok di Kota Pontianak cukup besar. Selain dikarenakan siklus tahunan–di mana harga kebutuhan pokok selalu naik menjelang hari raya–juga dikarenakan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) terhitung Juli 2010.

Kenaikan TDL sedikit banyak tentunya berdampak pada kenaikan kebutuhan pokok. Kendati kenaikan itu hanya untuk masyarakat kalangan menengah ke atas, tentunya juga berpengaruh pada produk yang dijual ke masyarakat bawah.

Arief juga mengharapkan dinas terkait mengantisipasi kekurangan stok kebutuhan pokok, misalnya dengan melakukan razia atau semacamnya untuk menghindari penimbunan yang dilakukan oknum-oknum pedagang atau pengusaha yang tidak bertanggungjawab.

Dia juga menyarankan kepada para pedagang untuk tidak menaikkan harga kebutuhan pokok melebihi batas kewajaran. “Kalau naik maksimal 10 persen, saya pikir itu cukup wajar. Jangan sampai membuat masyarakat merasa terbebani,” kata Arief.

Karena bila masyarakat merasa terbebani, terang dia, tentunya daya beli akan berkurang dan hal itu akan berdampak pada tingkat perekonomian Kota Pontianak.

“DPRD Kota Pontianak dalam bulan ini akan mengundang Disperindag dan UKM untuk membahas mengenai tindakan antisipasi menjelang bulan puasa, lebaran dan tahun baru ini, terkait kebutuhan pokok di Kota Pontianak,” ungkap Arief tanpa merinci. (*)

No Response to "Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA