Saturday 10 July 2010

Orangtua Calon Siswa Baru Stres

Posted on 08:48 by Mordiadi

PONTIANAK. Penerimaan Siswa Baru (PSB) di SMA Negeri 10 Pontianak melalui SMA Negeri 4, 7 dan 8. Tetapi, setiap sekolah memiliki standar minimal Nilai Evaluasi Murni (NEM) berbeda. Hal ini membuat orangtua calon siswa baru stres.

“Kami stress, tidak bisa makan dan tidur, karena memikirkan nasib anak kami ini,” kesal Herry, salah seorang orangtua calon siswa di DPRD Kota Pontianak, Selasa (7/7).

Herry merupakan salah seorang dari belasan orangtua calon siswa baru yang kembali mendatangi DPRD Kota Pontianak meminta keadilan dan penjelasan. Sebelumnya karena kalah anaknya kalah bersaing dengan siswa yang luluan Unas Ulangan.

Kekecewaan Herry itu diluapkannya kepada legislator Kota Pontianak, karena standar NEM untuk bisa masuk di tiga SMA yang telah ditetapkan pemerintah sebagai jalur untuk masuk ke SMA Negeri 10 tanpa pemberitahuan kepada orangtua calon siswa.

“Para orangtua banyak yang tidak mengetahui kalau standar NEM untuk dapat masuk itu berbeda-beda, akhirnya banyak yang stres, padahal waktu pendaftarannya mepet,” kata Herry.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Pontianak membuka SMA Negeri 10 di Jalan Purnama untuk menampung siswa lulusan Unas Utama yang tidak dapat masuk ke sekolah-sekolah unggulan.

Ternyata, setelah dibuka PSB di SMA 10 melalui tiga SMA itu orangtua dibuat pusing karena standar NEM di tiga SMA tersebut berbeda; SMA Negeri 4 mengambil nilai terendah yang diterima 27,5. SMA Negeri 8 yang diterima 28,5 dan SMA Negeri 7 yang diterima 26,85. “Ini tanpa pemberitahuan sebelumnya, padahal kebanyakan orangtua banyak yang mendaftar ke SMA yang lebih dekat dengan rumahnya,” ujar Herry

Kalau perbedaan standar minimal NEM yang diterima di tiga sekolah itu diketahui para orangtua sebelumnya, tentunya akan mendaftar sesuai kemampuan NEM anak-anaknya. “Tentunya kami lebih memilih yang sesuai dan peluang diterimanya lebih besar, logikanya kan seperti itu,” kata Herry.

Dengan kondisi tersebut, memunculkan kekhawatiran para orangtua kalau anaknya tidak diterima juga di SMA Negeri 10 Pontianak yang baru dibuka itu. (*)

No Response to "Orangtua Calon Siswa Baru Stres"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA