Wednesday 7 July 2010

Kalbar Miliki Lima Desa Informasi di Perbatasan

Posted on 00:38 by Mordiadi

PONTIANAK. Tahun ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo) membangun 15 Desa Informasi, lima di antaranya di kabupaten di Kalbar yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia.

"Program Desa Informasi di wilayah perbatasan Indonesia dan Negara tetangga ini sesuai dengan program kerja Kabinet Indonesia Bersatu jilid II tahun 2010," terang Drs Ruslizan Arief, Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informatika, Dinas Perhubungan, Telekomunikasi, Komunikasi dan Informatika Kalbar kepada wartawan, Jumat (11/6).

Ruslizan menjelaskan, untuk mendukung Desa Informasi tersebut, masing-masing desa itu diberikan bantuan berupa jaringan internet, radio komunikasi dan program desa berdering. "Semuanya menggunakan dana APBN," ungkapnya.

Selain itu, tambah dia, Direktorat Kelembagaan Komunikasi Sosial Ditjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, akan memberdayakan lembaga komunikasi sosial di lima kabupaten yang berbatasan langsung tersebut.

Menurut Roslizan, kegiatan pemberdayaan itu berlangsung selama 11 hari sejak 15 Juni 2010, melibatkan sekitar 50 orang dari setiap kabupaten yang memiliki Desa Informasi di Kalbar. "Pesertanya terdiri atas unsur-unsur kelompok informasi masyarakat, media pertunjukan rakyat dan radio komunitas," katanya.

Desa Informasi ini merupakan program Kemenkoinfo untuk mempermudah komunikasi dan transasksi ekonomi. Dengan harapan masyarakat setempat mampu memprediksi jenis tanaman yang dibutuhkan konsumen di luar daerahnya.

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat memperoleh data atau dari provinsi, pusat bahkan informasi dari seluruh dunia. Tidak hanya sekedar berorientasi bisnis tetapi juga sebagai alat pemersatu NKRI.

Dengan adanya Desa Informasi ini, desa-desa dapat menyampaikan secara langsung dan cepat perkembangan desanya. Masyarakat juga dapat memantau atau mengakses perkembangan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Tidak hanya memantau perkembangan di sektor perekonomian, tetapi juga di sektor kesehatan seperti, wabah penyakit. Selain itu dapat pula mengetahui kerawanan sosial,bencana alam, ketertiban dan keamanan di berbagai wilayah. (*)

No Response to "Kalbar Miliki Lima Desa Informasi di Perbatasan"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA