Wednesday 7 July 2010

Tingkatkan Profesionalisme Aparatur Daerah

Posted on 00:12 by Mordiadi

PONTIANAK. Salah satu agenda besar menuju tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan reformasi birokrasi, yakni dengan meningkatkan profesionalisme aparatur pemerintah daerah.

"Peningkatakan profesional aparatur ini perlu kiranya dilakukan secara berkelanjutan," kata MH Munsin MH, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar ketika mewakili Gubernur Kalbar Drs Cornelis membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XXIX dan XXX Diklat Smart and Success Leadership bagi Camat se-Kalbar di Bandiklat Kalbar, Selasa (8/6).

Upaya meningkatkan profesionalisme aparatur daerah itu, kata Munsin, paling tidak terdapat empat hal pokok yang harus menjadi titik fokus demi mewujudkan good governance.

Pertama, menyusun peraturan perundang-udangan daerah, pedoman dan standar kompetensi aparatur pemerintah daerah. Kedua, menyusun rencana pengelolaan aparatur pemerintah daerah termasuk sistem rekrutmen yang terbuka, mutasi dan pengembangan pola pikir.

Ketiga, memfasilitasi penyediaan aparaturan pemerintah daerah, dan Keempat, memfasilitasi pengembangan kapasitas aparatur pemerintah daerah dengan memprioritaskannya pada peningkatan kemampuan dalam melayani masyarakat.

Kemampuan melayani masyarakat, yang dimaksudkan Munsin tersebut, seperti dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, keamanan dan kemampuan dalam menyikapi bencana, menyiapkan rencana strategis pengembangan ekonomi lokal, mengelola keuangan daerah, menyiapkan strategi investasi. "Yang tidak boleh terlupakan adalah dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup," katanya.

Munsin mengatakan, salah satu komponen penting dalam meningkatkan kapasitas di daerah dengan pengembangan sumberdaya aparatur melalui diklat jabatan bagi pejabat struktural daerah, khususnya diklat kepemimpinan tingkat III.

"Peningkatan kompetensi aparaturr umumnya dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas, memperluas wawasan, pengetahuan dan keterampilan serta modal, sikap perilaku yang sesuai dengan bidang tugas," terang Munsin.

Selain itu meningkatkan kesetiaan pengabdian kepada bangsa dan negara. Sehingga mampu melakansakan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya secara profesional dan para pada gilirannya akan terwujud good and clean governance. (*)

No Response to "Tingkatkan Profesionalisme Aparatur Daerah"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA