Saturday 10 July 2010

Tak Berhasil Silakan Minggir

Posted on 06:29 by Mordiadi

PONTIANAK. Kepala daerah hanya membuat kebijakan, sementara yang menjalankan atau pelaksananya Pegawai Negeri Sipil (PNS). Birokrat ini harus berorientasi pada keberhasilan.

"Kalau tidak berhasil silakan minggir," tegas Drs Cornelis MH, Gubernur Kalbar kepada wartawan ketika pelantikan Sekda Kubu Raya di Randayan Resort, Sungai Raya, belum lama ini.

Untuk mencapai keberhasilan itu, kata Cornelis, dilakukan dengan bekerja sesuai aturan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan tentunya dilandasi kompetensi yang memadai serta perilaku yang baik.

Bekerja sesuai aturan, terang Cornelis, artinya tidak melampaui batas-batas yang telah diatur pemerintah pusat. Misalnya di bidang politik, PNS dilarang ikut dukung mendukung, walaupun memiliki hak untuk menentukan pilihan. "Jangan ribut soal dukung mendukung, karena siapapun yang menang, PNS harus loyal kepada kepala daerah," katanya.

Menurut dia, menjalankan ketentuan yang berlaku bagi PNS, baik undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan daerah, kepala daerah dan lainnya bertujuan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. "PNS harus menjalankan tugasnya dengan baik, jangan lari dari tanggungjawab," tegas Cornelis.

Alumnus IPDN ini juga mengharapkan PNS bisa bekerjasama walaupun bertugas di instansi yang berbeda-beda. "Karena pada dasarnya tujuannya sama, yakni membangun bangsa," terang Cornelis.

Selain itu, PNS juga diharapkan untuk terus meningkatkan kualitasnya agar dapat mengetahui dan memahami bidang tugasnya masing-masing dengan baik.

Peningkatan kualitas tersebut, kata Cornelis, bisa dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan (diklat), seminar, workshop atau semacamnya yang sesuai dengan tugasnya di suatu instansi pemerintahan.

Cornelis juga mengharapkan agar PNS bekerja dengan hati-hati, jangan sampai karena kesalahannya menyebabkan kepala daerah terjerat kasus hukum. "Filter terakhirnya di Sekda, jangan bahan mentah diangkat ke kepala daerah," ingatnya. (*)

No Response to "Tak Berhasil Silakan Minggir"

Leave A Reply

BTC

Doge

LTC

BCH

DASH

Tokens

SAMPAI JUMPA LAGI

SEMOGA ANDA MEMPEROLEH SESUATU YANG BERGUNA